PCM Bidang Irigasi dan Air Baku TA 2019

Dinas PSDA, pada tanggal 15 Juli 2019, melaksanakan Rapat Persiapan Pelaksanaan Kontrak (Pre Construction Meeting/PCM) Bidang Irigasi dan Air Baku untuk kegiatan Tahun Anggaran 2019. Rapat tersebut dilaksanakan sesuai Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui Penyedia, dimana sebelum melaksanakan Kontrak yang bernilai besar atau kompleks, Pejabat Penandatangan Kontrak dan Penyedia harus melakukan rapat secara tatap muka untuk mendiskusikan kesamaan pemahaman dan administrasi Kontrak.

Hal-hal yang dibahas dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Kontrak, yaitu:

  1. reviu kontrak, dan pembagian tugas dan tanggung jawab dari kedua belah pihak;
  2. pemutakhiran/pembaharuan rencana pekerjaan seperti tanggal efektif pelaksanaan, dan tahapan pelaksanaan kontrak;
  3. reviu rencana penilaian kinerja pekerjaan sebagai dasar melakukan evaluasi kemajuan pekerjaan;
  4. diskusi bagaimana dan kapan dilakukan pelaporan pekerjaan;
  5. Tata cara, waktu dan frekuensi pengukuran dan pelaporan yang disesuaikan dengan kondisi pekerjaan;
  6. melakukan klarifikasi hal-hal yang masih kurang jelas dan mendiskusikan prosedur untuk manajemen perubahan; dan
  7. melakukan klarifikasi rencana koordinasi antar para pihak selama pelaksanaan pekerjaan.

Rapat ini dihadiri oleh, Kepala Bidang Irigasi dan Air Baku selaku PPK, para PPTK, wakil dari Kejaksaan Negeri Cilacap selaku TP4D, pihak penyedia barang/jasa dan pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan. Ditegaskan kembali oleh TP4D, bahwa semua tim penyedia jasa harus paham tentang pekerjaan yang didapat guna memperlancar perkerjaan di lapangan maupun administrasi.