Pengurangan Resiko Banjir Melalui Infrastruktur Sumber Daya Air Trash Rack

Dinas PSDA- Dalam rangka pengurangan resiko banjir di Kota Cilacap, Dinas PSDA Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Sungai dan Pantai, Imam Jauhari, S.T. melakukan rapat koordinasi bersama dengan Dinas Perkimta Kab. Cilacap, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cilacap, Dinas PUPR Kab. Cilacap, BPBD Kab. Cilacap, beserta perangkat desa sekitar Kota Cilacap, dan Komunitas Peduli Sungai hari Kamis (11/07/2019) di Aula Dinas PSDA Kab. Cilacap.

Dalam sambutannya Imam Jauhari menyampaikan, “Penyebab banjir salah satu nya adalah sampah yang ada di lingkungan sungai, harapan kami dengan adanya trash rack yang akan dibangun, masyarakat bergotong-royong bersama OPD terkait untuk membersihkan sungai dan saluran pembuang dari sampah. Tidak kalah pentingnya adalah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.”

Inovasi baru yaitu penggunaan trash rack berupa saringan yang terbuat dari plat besi yang berfungsi menyaring sampah-sampah atau puing-puing agar tidak masuk ke dalam bangunan selanjutnya. Rencana awal, trash rack akan dibangun di Saluran Pembuang Sentul dan Saluran Pembuang Manunggal Karangcengis. Dengan penggunaan trash rack diharapkan dapat meminimalisir tejadinya banjir.